Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Browsing dengan AdGuard Home

Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Browsing dengan AdGuard Home

Dalam era digital yang terus berkembang, iklan dan pelacakan online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman menjelajah internet. Namun, untuk mereka yang ingin mengontrol lebih banyak tentang apa yang mereka lihat dan lindungi privasi mereka, solusi seperti AdGuard Home dapat menjadi pilihan yang menarik.

AdGuard Home adalah perangkat lunak open-source yang dapat diinstal pada server atau perangkat komputer lokal Anda. Ini bertindak sebagai server DNS pribadi yang memberikan perlindungan dari iklan yang mengganggu, pelacakan online, serta situs web berbahaya atau berpotensi merugikan. Ini berarti bahwa semua perangkat yang terhubung ke jaringan Anda akan mendapatkan manfaat dari perlindungan ini tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan pada masing-masing perangkat.

Fitur Utama

  • Pemblokiran Iklan: AdGuard Home menggunakan daftar filter yang diperbarui secara teratur untuk mengidentifikasi dan memblokir iklan pada tingkat DNS. Ini menyebabkan pengalaman browsing yang lebih bersih dan lebih cepat tanpa iklan yang mengganggu.
  • Pelindungan Privasi: Dengan memblokir pelacakan online, AdGuard Home membantu menjaga privasi Anda saat online. Informasi pribadi Anda tidak akan digunakan untuk menargetkan iklan atau analisis penggunaan.
  • Keamanan Online: AdGuard Home juga dapat memblokir akses ke situs web berbahaya atau phishing yang dapat mencuri informasi pribadi atau merusak perangkat Anda.
  • Kustomisasi: Pengguna dapat memilih filter dan aturan yang ingin mereka terapkan. Ini memungkinkan untuk mengontrol dengan tepat jenis konten atau elemen yang ingin diblokir atau diizinkan.

Install OS Pada Perangkat Raspberry Pi

 

  • Setelah install langsung jalankan Raspberry Pi Imager

 

  • Pilih OS Raspberri Pi yang dibutuhkan, dan aku menggunakan Raspberry Pi OS Lite

 

  • Pilih SD Card yang akan diigunakan pada Raspberry Pi, disini akan memformat dan menghapus semua isi dari SD Card tersebut.

 

  • Pada posisi ini silahkan langsung tekan tombol Write untuk menginstall Raspberry OS ke dalam SD Card

 

Install Adguard Home Pada Raspberry Pi

  • Akses ke Raspberry Pi menggunakan SSH, dan jalankan perintah berikut :
wget https://static.adguard.com/adguardhome/release/AdGuardHome_linux_armv6.tar.gz
sudo tar xvf AdGuardHome_linux_armv6.tar.gz
cd AdGuardHome
sudo ./AdGuardHome -s install

 

  • Sampai disini Adguard Home sudah selesai diinstall, utk mengakses bisa menggunakan IP statis yang sudah tersemat pada Raspberry Pi tersebut
http://[IP_ADDRESS]:3000
  • Jalankan proses konfigurasi Adguard Home pada browser

  • Pilih Listen Interface pada jendela konfigurasi, apabila Raspberry Pi hanya mendapatkan IP melalui DHCP maka dapat disetup ke Statis IP melalui tombol Set a Static IP Address

  • Masukkan Username dan Password

  • Pada Tab Menu berikutnya bisa dilihat metode penggunaan pada perangkat-perangkat yang dapat disematkan DNS

 

Kesimpulan

AdGuard Home adalah alat yang kuat untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan privasi saat menjelajah internet. Dengan kemampuan untuk memblokir iklan, pelacakan, dan ancaman online pada tingkat jaringan, ini adalah solusi yang menarik bagi mereka yang ingin mengendalikan lebih banyak aspek dari pengalaman online mereka. Dengan fokus pada open-source dan kustomisasi, AdGuard Home menawarkan pengguna cara yang efektif untuk memerangi gangguan online.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Menarik