10 Kuliner Paling Digemari di Semarang yang Menggoyang Lidah

10 Kuliner Paling Digemari di Semarang yang Menggoyang Lidah

soto semarang
sumber : gramedia.com

Semarang, sebagai kota dengan kekayaan budaya dan sejarah yang luar biasa, juga terkenal dengan kelezatan kuliner-kulinernya yang khas. Berikut adalah 10 kuliner paling digemari di Semarang yang patut dicoba:

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah kuliner yang terkenal di seluruh Indonesia. Kulit lumpia yang tipis diisi dengan rebung, udang, telur, dan daging ayam yang lezat, kemudian digoreng hingga garing. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi favorit banyak orang.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng, lontong, taoge, dan lentho (bakso ikan). Semuanya disiram dengan kuah kental yang nikmat dan taburan bawang goreng. Kombinasi rasa asin, pedas, dan segar membuatnya tak terlupakan.

3. Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng Babat adalah varian nasi goreng khas Semarang yang menggunakan babat (perut sapi) sebagai bahan utama. Kelezatan nasi goreng ini terletak pada bumbu khasnya dan penggunaan babat yang memberikan cita rasa unik.

4. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah mie khas Jawa dengan kuah gurih yang khas. Biasanya disajikan dengan irisan ayam, tauge, dan potongan daun bawang. Tambahan kecap manis dan bawang goreng memberikan cita rasa yang lezat.

5. Soto Semarang

Soto Semarang adalah versi soto yang khas di daerah ini. Kuah bening yang gurih disajikan dengan potongan daging sapi, telur, tauge, dan perkedel. Disantap dengan nasi, soto Semarang menjadi hidangan yang memanjakan lidah.

6. Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan adalah ayam goreng yang dibalut dengan bumbu khas Kalasan. Bumbunya meresap hingga ke dalam daging, menciptakan cita rasa yang kaya dan lezat. Biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan segar.

7. Es Cendol

Es Cendol adalah minuman tradisional yang terdiri dari cendol (butiran hijau dari tepung ketan), santan, gula merah cair, dan es serut. Kombinasi segar dan manis membuatnya menjadi minuman yang sangat dicari terutama di cuaca panas.

8. Bongko Mento

Bongko Mento adalah jajanan pasar yang terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng hingga kering. Rasanya yang manis dan kenyal membuatnya cocok dijadikan teman minum teh atau kopi.

9. Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah bandeng yang dimasak dengan metode presto sehingga dagingnya lunak dan mudah terpisah dari tulang. Biasanya dibumbui dan diolah menjadi hidangan yang lezat.

10. Kue Jongkong

Kue Jongkong adalah kue tradisional Semarang yang terbuat dari campuran tepung ketan, kelapa parut, dan gula kelapa. Rasanya legit dan khas, sering dijadikan oleh-oleh khas kota ini.

Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan 10 kuliner paling digemari di Semarang saat mengunjungi kota ini. Setiap hidangan menggambarkan keanekaragaman rasa dan keunikan cita rasa khas Semarang yang patut dijelajahi. Selamat menikmati kuliner khas Semarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Menarik