Optimasi SEO Off Page Dengan 7 Teknik Sederhana

Search Engine Optimize (SEO)

Search Engine Optimize (SEO) adalah teknik yang dilakukan untuk meningkatkan traffic web di mesin pencari. Ada dua jenis SEO yang umumnya diterapkan oleh situs web, yaitu SEO On Page dan Off Page.

Teknik Optimasi SEO Offpage

Berikut 7 cara optimasi off-site SEO untuk website yang bisa Anda lakukan:

Link Building

Anda dapat menggunakan pembuatan tautan untuk membangun reputasi situs web di mesin pencari. Sebagian besar waktu, pengelola situs web adalah algoritma PageRank yang dikembangkan oleh Google. Meski tidak sering dijelaskan, hampir semua orang di dunia SEO sudah memahami konsep analisis PageRank. Pembuatan tautan biasanya dilakukan dengan “memposting” tautan ke situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membuat link:

  • Domain Authority dan Page Authority

    Otoritas Halaman dan Domain adalah mesin pencari situs web. Pertimbangan ini tergantung pada domain, terkenal, konten web, dan konten konten serta domain atau situs web. Jumlah yang lebih besar akan lebih baik.

  • Link Dofollow dan Nofollow

    Ada dua jenis link yang penting untuk diketahui saat ingin membuat backlink. Pertama, ada tautan dofollow yang akan dibaca dan digunakan Google untuk mendapatkan peringkat domain dan otoritas halaman web. Lalu ada tautan nofollow yang tidak akan digunakan Google untuk menentukan peringkat situs web.

  • Anchor Text

    Google akan membaca teks jangkar untuk menentukan relevansi antara kata kunci yang digunakan dan tautan yang ditempatkan di dalamnya. Misalnya, jika Anda ingin mengarahkan pembaca ke artikel situs web tentang SEO, Anda akan menggunakan teks jangkar “SEO”.
    Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya, karena penggunaan anchor text yang berlebihan juga dapat membuat Google curiga dan dapat menghukum Anda.

  • Traffic

    Traffic atau volume kunjungan ke situs web juga penting untuk dipertimbangkan ketika Anda ingin membuat tautan, terutama jika Anda bertukar tautan dengan situs web lain. Karena angka trafik juga bisa menentukan berapa banyak pengunjung yang akan mengklik link website Anda yang disematkan di website lain.

  • Relevansi dengan website

    Mengubah tautan atau tautan ke situs web teman atau kolega Anda mungkin tidak menjadi masalah, selama Anda dapat menyesuaikan tema dengan situs web Anda. Jangan biarkan situs web toko roti ini terhubung ke situs web toko onderdil mobil.

Daftar bisnis

Langkah selanjutnya dalam optimasi SEO adalah memasukkan daftar bisnis Anda ke dalam daftar bisnis. Langkah ini bisa lebih efektif jika produk yang Anda tawarkan berupa makanan dan minuman, jasa residensial, atau hiburan. Anda dapat menggunakan situs web ulasan, seperti Zomato atau TripAdvisor, untuk memposting informasi tentang bisnis Anda.

Gunakan Google Bisnisku

Setiap hari, Google menerima miliaran pencarian untuk berbagai informasi yang diinginkan pengguna. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda juga menambahkan informasi bisnis Anda ke Google, Google MyBusiness atau Google My Business plan. Sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan informasi dasar, foto, dan alamat situs web.

Bagikan di media sosial

Tidak ada salahnya menggunakan media sosial untuk menguntungkan website Anda dari segi halaman. Anda dapat menggunakan media sosial untuk membagikan notifikasi setelah memposting konten atau berita baru di situs web Anda. Jika Anda menerima tanggapan yang valid, Google bisa mendapatkan nilai dan konten yang tersisa adalah hal yang mencicipi orang lain.

Bekerja dengan iklan online

Ini dapat dilakukan untuk mengangkat langkah ini di situs web Anda. Setelah bisnis Anda menyelesaikan acara, kemitraan, atau acara, Anda dapat membuat siaran pers untuk dibagikan di media sosial dan ditautkan ke situs web Anda.

Mengirim email pemasaran

Pemasar atau pemilik bisnis sering menggunakan pemasaran email untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal ini dikarenakan relasi yang menggunakan email marketing dianggap lebih personal, sehingga lebih banyak mendapat respon dari penerima email. Metode ini dapat digunakan untuk menambahkan konten atau artikel Anda untuk meningkatkan SEO halaman web Anda.

Ulasan produk

Cara yang terakhir ini membutuhkan usaha ekstra dalam pelaksanaannya. Karena optimasi SEO off-page di website Anda bisa berjalan dengan lancar jika ada pengguna yang mereview atau mereview di websitenya.

 

Itu saja untuk pembahasan SEO offpage, semoga bermanfaat

Whatsapp IP Address Range

Untuk teman-teman yang membutuhka Whatsapp ip address untuk dapat ditambahkan ke dalam router Mikrotik, bisa menggunakan list berikut ini : /ip firewall address-list add address=31.13.64.51/32

Read More »
Exit mobile version