Panduan Mengubah Timezone di Linux

Panduan Mengubah Timezone di Linux

Waktu dan zona waktu yang benar adalah aspek penting dari konfigurasi sistem operasi Linux. Mengubah timezone atau zona waktu di Linux dapat menjadi langkah yang diperlukan ketika Anda berpindah lokasi atau hanya ingin menyelaraskan waktu sistem dengan zona waktu yang benar. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengubah timezone di sistem Linux, menggunakan distribusi berbasis Debian (seperti Ubuntu) sebagai contoh.

Langkah 1: Periksa Zona Waktu Saat Ini

Anda dapat menggunakan perintah timedatectl untuk melihat zona waktu saat ini:

timedatectl

Langkah 2: Pilih Zona Waktu Baru

Temukan zona waktu yang sesuai dengan lokasi Anda dari direktori /usr/share/zoneinfo/. Misalnya, untuk Asia/Jakarta:

sudo timedatectl set-timezone Asia/Jakarta

Langkah 3: Verifikasi Perubahan

Periksa kembali zona waktu setelah perubahan:

timedatectl

Langkah 4: Update Sistem dengan Zona Waktu Baru

Beberapa distribusi Linux memerlukan pembaruan waktu setelah perubahan zona. Jalankan perintah berikut untuk memastikan sistem diperbarui:

sudo apt update
sudo apt upgrade

Langkah 5: Restart Layanan Waktu (Opsional)

Restart layanan waktu untuk menerapkan perubahan:

sudo systemctl restart systemd-timesyncd

Catatan:

  • Perangkat Berbeda, Perintah Serupa: Perintah untuk mengubah zona waktu dapat bervariasi sedikit tergantung pada distribusi Linux yang digunakan. Pastikan untuk merujuk pada dokumentasi distribusi Anda.
  • Zona Waktu UTC: Menetapkan zona waktu ke UTC juga mungkin diinginkan dalam beberapa skenario. Gantilah zona waktu sesuai kebutuhan.
  • Zona Waktu Permanen: Beberapa distribusi Linux menyediakan utilitas khusus untuk mengubah zona waktu permanen. Pastikan untuk memeriksa dokumentasi distribusi Anda.

 

Mengubah zona waktu di Linux adalah proses yang relatif sederhana, tetapi memastikan bahwa waktu sistem sesuai dengan lokasi geografis yang benar adalah penting untuk kelancaran operasi dan akurasi waktu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengonfigurasi zona waktu di sistem Linux Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
kamu tak pernah salah, begitupula aku, tapi aku tau siapa yang paling benar 😆
4 months ago
View on Instagram |
1/12
ada yang bisa diandalkan, tapi bukan kamu ...
4 months ago
View on Instagram |
2/12
waktu dibuatkan minuman pemusnah sakit tenggorokan dan batuk ini, pikiranku melayang ke awal Maret 2021, dimana aku dan keluarga di Jateng sempat terkena Long Covid kalau orang bilang, dan Ibu mengirimkan beberapa botol minuman racikan ini utk obat. tapi sungguh tdk disangka, setelah kami sembuh Ibu justru berpulang karena Covid di bulan Juli 2021. Allah lebih tau mana yang terbaik ...
2 years ago
View on Instagram |
3/12
setelah sekian purnama
2 years ago
View on Instagram |
4/12
halo selamat pagi, kita ketemu lagi
2 years ago
View on Instagram |
5/12
4 days New Workshop Grounded Total Marketing (GTM) Lead by Coach Dr. Fahmi Angkatan 2 Selasa - Jumat, 26 - 29 Oktober 2021 Alhamdulilah diberi kesempatan untuk mengikuti workshop GTM yang dibimbing langsung oleh ahlinya @coach.fahmi Insyaallah saya siap hadir dan siap menerima semua ilmu yang diberikan selama mengikuti kegiatan GTM. Mudah-mudahan dengan semua ilmu yang saya dapatkan nanti, dapat membantu saya untuk mengoptimalkan kinerja saya dalam perusahaan. Menuntut ilmu adalah sesuatu yang harus dilakukan apabila seseorang ingin terus berkembang dan bertumbuh, dan Insyaallah saya siap melakukannya. "Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus menahan perihnya kebodohan" Imam Asy Syafi'i #salamgrounded #groundedtotalmarketing #gtm #coachdrfahmi #menolakkalah #menolaklemah
3 years ago
View on Instagram |
6/12
seribu alasan kamu berharga
5 years ago
View on Instagram |
8/12
masih, rasa yang sama ... pahit dan asam
5 years ago
View on Instagram |
9/12
ball boy #bodiwebid #havingfun #ball #swim
5 years ago
View on Instagram |
10/12
ketika aku mengenalmu, dan kamu berlalu dalam bayang2 #bodiwebid #alunalunpurworejo
5 years ago
View on Instagram |
11/12

Artikel Menarik

Exit mobile version